Kamis, 27 April 2023, Bidang Koperasi menerima konsultasi berkaitan perpajakan dari pengurus dan manager KUD Misoyo Mardi Mino Kecamatan Sarang Rembang. Bpk Sholechan Ngajim selaku ketua dan Bpk. Moelyono, S.Pd selaku manager KUD Misoyo Mardi Mino Sarang bertemu dengan Sdr. Awang Budiyono di Kantor Bidang Koperasi Dindakopukm Kab. Rembang.

Usaha SPBUN KUD Misoyo Mardi Mino Kecamaran Sarang Kabupaten Rembang yang beromzet hampir 30 Milyard dalam 1 (satu) tahun maka akan terkena tarif pajak yang berbeda dengan koperasi yang omzetnya dibawah 4,8 Milyar yaitu pakai tarif 11% dari SHU kotor atau SHU sebelum pajak.

Adapun tarifnya perhitungan PPh Badan yang digunakan berdasarkan Pasal 17 dan 31E Undang-Undang nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan. Untuk omzet KUD dibawah 4,8 M terkena tarif 11% dari shu, sedangkan kelebihan dari 4,8 M- 50 M dikenakan tarif 22% dari SHU. Dengan kalkulasi perhitungan yang dilakukan oleh Awang Budiyono selaku pendamping koperasi, untuk KUD Misoyo Mardi Mino Sarang terkena beban pajak hampir kisaran 30jt an pada tahun buku 2022.

Dengan mengetahui aturan tarif perpajakan, maka koperasi bisa melakukan perhitungan sendiri berkaitan pajaknya sesuai tarif aturan yang berlaku. Dan mengalokasikan biaya untuk membayar pajak tersebut sebelum membagikan SHU koperasi sesuai dengan pos-pos dalam Anggaran Dasar. Badan usaha koperasi mau gak mau harus mematuhi aturan pajak, membayarkan beban pajak dan lapor spt tahunannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *